Minggu, 05 Mei 2024

INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintahan Desa Tlepok

SEJARAH DESA TLEPOK

SEJARAH DESA TLEPOK

SEJARAH DESA TLEPOK

LEGENDA DAN SEJARAH DESA TLEPOK
KEC. KARANGSAMBUNG KAB. KEBUMEN

a. Legenda Desa
Pada suatu ketika ada seorang sakti lagi bijaksana bernama mbah Arungbinang bersama pengikutnya datang ke Desa Wadasmalang sesampainya ke desa tersebut beliau berjalan kearah utara sampai disuatu dusun para pengikut nya memukul sebuah kenong, nong, nong , dusun tersebut diberi nama dusun Kalikemung termasuk wilayah Desa Wadasmalang. Kemudian mbah Arungbinang bersama pengikutnya berjalan kearah barat sampai di gunung batu beliau dan rombongan beristirahat, gunung batu tersebut sekarang dikenal gunung Batur. Pada waktu mbah Arungbinang selesai istirahat kemudian berjalan melangkah kakinya menginjak tanah yang lembek sehingga bekas kakinya ada tapak kaki ( Tlapak ) dan waktu berjalan berbunyi tlepok, tlepok yang kemudian diberi nama Desa Tlepok.
Mbah Arungbinang meneruskan perjalanan ke arah barat dan beliau meninggalkan seorang pengikutnya yang bernama mbah Merto untuk tinggal di Desa Tlepok . Mbah Merto mempunyai anak 2, anak yang pertama bernama mbah Jaya Semita sedangkan anak yang kedua bernama mbah Jenggot. Mbah Jaya Semita diberi tugas oleh mbah Merta untuk memimpin pemerintahan desa Tlepok, sedangkan mbah Jenggot mengemban tugas menjadi pimpinan agama.
Suatu hari Mbah Merta sebelum meninggal memanggil kedua anaknya, mbah Merta berpesan agar setiap Jum’at Kliwon mengadakan syukuran untuk mengingat perjuangan mbah Merta pada waktu babad alas ( membuka Hutan ) untuk dijadikan desa ( syukuran tersebut masih dilaksanakan oleh kepala Desa). Beliau bertiga setelah meninggal dimakamkan di Desa tlepok.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

Statistik Pengunjung